Ular Kaki Empat

10th March, 2012 Ditulis Oleh Nugs | Diposting Pada Serui.

Bagi anda yang pernah bermukim di Papua mungkin tidak asing tentang hewan yang satu ini, berbentuk Seperti Kadal tetapi bukan Kadal, Orang menyebutnya Ular berkaki empat. Hewan ini seperti layaknya kadal yang hidup di tanah yang lembab. Hewan ini hidup di Papua dan Papua Nugini. Terus apa istimewanya dari hewan ini adalah seperti layaknya ular dia dapat mengeluarkan bisa beracun yang sangat mematikan seperti layaknya ular kobra yang dalam hitungan menit bila digigit pasti akan meninggal jika tidak segera ditangani oleh medis. Dalam peringkat hewan yang ber-bisa tidak pernah dimasukkan peringkat dalam binatang ataupun ular yang menggandung bisa mematikan, untuk hewan yang satu ini mungkin tidak kalah dengan binatang seperti ular kobra ataupun yang lain.

Yang jadi perhatian saya adalah jarang sekali hewan ini diketahui oleh umum, selain orang yang pernah bermukim di Papua. Jarang pula di ulas di media televisi tetang keberadaan hewan ini. Begitu pula dengan nama dari bahasa latin jenis hewan ini, apakah dia termasuk hewan reptil atau yang lain. Mungkin disini para pembaca bisa membantu bila ada yang tahu nama latin dari binatang ini atau ada situs yang menjelaskan tentang binatang ini silahkan mengisikan komentar.

Komentar

36 Komentar Untuk “Ular Kaki Empat”
  1. Ilove Papua says:

    Sama Gan Dah Ampir 20 th di papua tapi ga tau juga apa nama latin dari ular kaki empat ini… kalo ane tau ntar ane post deh di blog ane…salam kenal dari Manokwari

    [Balas]

    Nugs Reply:

    Oya ditunggu ya sob, saya udah ubek-ubek kesana kemari tdk tahu nama latinnya untuk mempelajari lebih jauh tentang binatang ini

    [Balas]

    Putri Dinda Reply:

    nama latinnya Lygosoma Quadrupes, makanannya rayap/serangga kecil

    [Balas]

    Nugs Reply:

    Itu bukan Lygosoma Quadrupes seperti di wikipedia mbak, coba perhatikan yang ada di gambar atas bentuknya mirip kadal. Kalo jenis Lygosoma Quadrupes itu panjang seperti belut.

  2. Aredone pabisa says:

    moga ini bisa berguna….
    ada ular kaki empat sejenis kadal berkaki di temukan ….
    mungkin ini bisa jadi acuan…. mapp cuma bisa kasih ini http://www.youtube.com/watch?feature=endscreen&v=vNlNGfms4Yg&NR=1

    [Balas]

  3. Putri Dinda says:

    Kalo g salah namanya Lygosoma Quadrupes, makanannya rayap/serangga kecil

    [Balas]

  4. giriayoga says:

    berbahaya donk…punya bisa :D

    [Balas]

  5. Bim-Bim says:

    maap sblumnya cuma mau ralat, ular ini hidup di seluruh Pulau Papua tepatnya (di semak2, tumpukan kayu, tumpukan Batu-Bata,Pokokny di tempat Lembap) Ular kaki 4 ini gak ada tandingnya cuma hitungan 3 detik orang yang di gigit ular ini langsung kluar busa dari mulutnya dan kemudian tewas di tempat(gak bisa di tolong alias gak ada penawarnya) saya orang jawa tapi mulai TK – SMA tinggal di Biak-Papua waktu pelajaran biologi SMA malah di tertawain sama bu.guru (orang jawa) heh kamu dongo, , , mana ada ular kaki 4 klo pun ada disuruh bawa ular itu ke lab sekolah, kerena ga bisa menuruti perintah guru saya, akhirnya nilai biologi saya anjlok,eh ternyata seminggu kemudian ada seorang Ojek yg lagi nunggu penumpang(siswa sekolah saya) Si tukang Ojek kebelet pipis dan langsung ngucur di semak2 gak taunya Si tukang Ojek tersebut terjatuh dan mengeluarkan busa dari mulutnya(karena di gigit ular kaki 4) dalam hati saya Tu.Buk mumpung ularnya blom lari masih ada di samping tukang Ojek coba di pegang & dan di teliti di Lab, itu ULAR atau KADAL( Yang Begoo sapa) FuCk buat Guruku Yg Sok Tau.

    [Balas]

  6. Bim-Bim says:

    Uuppsss. . . Ada yg lupa gan, gambar di atas Adalah ULAR KAKI 4 Bukan KADAL (gak Tau Namanya) “sangat,sangat,sangat Berbisa” jangan sekali2 coba2 Mendekati / menyentuhnya!!!! Cerita pendek Saya di atas hanya salah satu kasus yg saya liat dengan mata kepala saya & bukan rekayasa sueerrr, , ,

    Ciri2 ULAR KAKI 4 : Hitam Mengkilat & ada yg agak kemerah2an bukan sprti ini >>> :

    http://www.satwaunik.com/reptil/uploads/2011/11/skink-300×198.jpg &

    http://multiply.com/mu/fryanditaslim/image/EnJ9TKLj9aEQ-F-Lxo363Q/photos/1M/300×300/2174/Doreanus-4.jpg?et=V%2BhqS0n6RadVYOPz6ehOJg&nmid=0

    [Balas]

    Nugs Reply:

    Ya sob, gambar di atas adalah ular kaki 4 di papua. sampai sekarang saya tidak tahu bhs latin binatang tersebut. Versi discovery channel, ular tersebut tidak termasuk peringkat ular yang paling berbisa. Padahal ular tesebut sangat mematikan dan mungkin belum semua tahu

    [Balas]

    dzaky Reply:

    pnya saya ada seperti gambar yg diatas… malah sering sy mainin. lidah warna biru biasa kita sebut kadal panama

    [Balas]

  7. nicky says:

    Gile sob td gw Hampir aja nginjek ular kaki 4……………untung aja refleks gw cepet……….

    [Balas]

  8. baksan mahu says:

    sedikit menambahkan, ular sejenis ini bukan cuma di papua justru di pulau Seram maluku pun banyak dan sering dijumpai ular ini, namanya ular kaki empat biasa disebutnya.. dan ular ini jauh lebih mematikan dibanding kobra sekalipun..

    [Balas]

  9. avatar roku says:

    sedikit menambahkan, ular sejenis ini bukan cuma di papua justru di pulau Seram maluku pun banyak dan sering dijumpai ular ini, namanya ular kaki empat biasa disebutnya.. dan ular ini jauh lebih mematikan dibanding kobra sekalipun..

    [Balas]

  10. agus koya says:

    wah bahaya juga e, padahal kdg binatang ini sering masuk dlm rmh bru !

    [Balas]

  11. dzaky says:

    Ralat maksudnya kadal PANANA :)

    [Balas]

  12. Imam Semar says:

    Ada dua binatang yang mirip. Yang satu adalah ular death adder dari genus Acanthophis. Dan yang lainnya adalah kadal (skink) yang coraknya mirip, nama latinnya Tiliquas Gigas.

    Death adder bentuknya “bunteg” dan ada “ekornya” yang kecil diameternya (jauh lebih kecil dari badannya) sehingga secara sepintas bentuknya memang seperti kadal. Acanthophis sangat berbisa dan bisanya bersifat neurotoxin seperti ular weling (Javanese Krait, atau ular laut yg ada di Tanah Lot – Sea Krait). Bedanya adalah, bisa Acanthophis jauh lebih kuat dari Krait.

    Sedangkan Tiliquas Gigas tidak berbisa.

    Silahkan coba google search Tiliquas Gigas dan death adder, dan bandingkan corak dan bentuknya.

    Saya kebetulan ada di Bintuni dan pernah melihat beberapa foto yang diambil oleh teman-teman yang sedang mempersiapkan lahan.

    Gambar yang anda postingkan salah.

    [Balas]

  13. Imam Semar says:

    BTW,

    Harga serum bisa death adder sekitar rp 15 – 20 juta per bile (ampul), satu harga motor. Terkadang untuk kasus gigit death adder perlu 2-8 ampul.

    Jadi kalau sampai digigit death adder bisa bangkrut.

    Penyebaran death adder hanya di Autralia dan Papua…., mungkin juga di pulau-pulau sekitarnya, yang memiliki fauna sama dengan Australia.

    [Balas]

    Nugs Reply:

    Makasih Pak imam atas infonya..,Binatang yang anda jelaskan di atas memang benar, Tapi bukan Jenis binatang yang ada di postingan atas, dan bukan jenis binatang Tiliquas Gigas dan death adder, itu berbeda jauh. Gambar yang di atas memang benar adanya dan bisa dari binatang tersebut sangat mematikan

    [Balas]

  14. niken says:

    Woooeee bukan dipapua toook rek,, ato pulau seram atu bahkan sumatra ,, di pandaan tempat saya tggal ada juga!!!! (T______T)
    1 ada di garasi, larinya cepet bgt, n hitam mengkilat, sya siram setumpuk garam , ehh masi bisa lepas lho..
    1lagi masuk rumah, eehh dia nyantai nongkrong deket kulkassssss….
    Br*ngs*k langsung keder lah saya niiih ular drimana dateng nya.. Memang sebelh rumah sya masi ladang2 yg belom dibangun rumah oleh developer..
    Aduh takut takut takut
    Mana ada baby pula dirumah.. Huaaaaaa (T_______T)
    Gimana ya solusi nya???????

    [Balas]

  15. Dayat says:

    Bukannya di punggung nya ada semacm garis lurus warna biru bentuknya memang kaya kadal tapi agak panjang sy jga pernah tggl di papua tepat nya sorong

    [Balas]

  16. isela heydy says:

    Ia benar ,,,yg d katakan pak imam, ular kaki 4 itu yang di bintuni gak kayak gtu ,,, aku juga tgl d bntuni , d blakang kandang ayam ku banyak banget , bapak aku suka nembak2 sehari bisa liat 20 ekor , maklum rawa, ular kaki 4 itu ada yg warnanya hitam sekali dan ada yg wrnanya hitam kemerah2an , dan agak bersisik ,, ekornya kecil n badannya lbih panjang dan bentuknya gak seperti gambar yg di postingkan

    [Balas]

    muhammad abdul rachman Reply:

    Di mana tempat penampungnya gan.
    Saya binatang ular berkaki empa seperti gambar diatas

    [Balas]

  17. muhammad abdul rachman says:

    Di mana tempat penampungnya gan.
    Saya binatang ular berkaki empa seperti gambar diatas

    [Balas]

    rhino soemarno Reply:

    Di kamar mandi bro… khusus buat elu.. biar bisa ngocok terus…
    Gak nyambung banget sih elu.. orang lagi serius…!!

    [Balas]

  18. Ed says:

    Kalo memang bener ular, pasti ekornya gak bakalan putus kan…?
    Soale minggu lalu mirip banget dgn yg di foto masuk di kamar… Hiieeeeee…
    Kagetnya euy….
    Alhasil setelah ditutup dgn kain dan di gebukin, ekornya putus…
    Terlihat ekornya bekas putus juga… Seperti baru tumbuh lagi…
    Perbedaan ekornya kayak banding tikus got dengan curut…

    [Balas]

  19. Amq says:

    Nemx eastern blue tongued lizard
    mirip koq dlu w d kejar ma ular kaki 4..w kerja d wimbro..distrik babo kabupaten teluk bintuni kota sorong

    [Balas]

  20. iankazekage says:

    Untuk gambar di atas itu emang mirip dengan ular kaki ampat (sebutan di papua). tp kalo untuk “bisa” saya belum pernah melihat secara langsung orang yang meninggal karena gigitan atau sengatan ekornya, isu tentang binatang ini. Saya orang bugis”bone” tp lahir dan besar di sorong papua, sudah 22tahun saya di sini. setau saya kalo kadal itu tidak ada yang berbisa, yang ada cuman bakteri pada giginya seperti kadal purba (komodo) yang ada di pulau komodo,ntt. 1 pengalaman, sa kaka dan sa mace ada nonton di depan tv langsung tiba” ular kaki ampat ini de jatuh dari atas plavon trus de mo lari (tanpa menyerang atau mempertahankan diri), tp karena lantai pake karpet plastik dia tidak bisa lari krna licin dan di tutup pake kain kemudian di pukul pakai kayu dan puff* mati seketika. Saya mengambil kesimpulan, kalo ular kaki ampat ini “mungkin” tidak ber”bisa” ataupun mematikan karena seperti yang saya ceritakan di atas ” tidak menyerang atau mempertahankan diri, karena ciri dari hewan yang ber”bisa” atau ber”bakteri” dia akan menyerang(untuk menangkap mangsa) dan mempertahankan diri( dari pemangsa). Mungkin itu saja yang bisa saya share sama teman” semua, intinya cmn ahlinyalah yang bisa membuktikan :) salam kenal.. ian, sorong, papua barat.
    iankazekage, Dg Postingan Terakhir…. Mencoba Receiver Matrix Starlink V HD EthernetMy Profile

    [Balas]

  21. kecer's says:

    Sangat berbahaya gan..
    Sperti Ular weling
    king snake
    yg tidk percaya biarkan saja..
    Asal jangan mencoba megang..hehe
    tulis surat wasiat dulu

    [Balas]

  22. Ardy says:

    sy sedang dipapua ini,, ular kaki 4 itu tdk berbisa,, sudah di teliti sampai Australia, teman sy kemarin pegang-pegang,, memang kalo gigit sakit tapi tdk apa2..,
    yang berbisa itu kadal yg mirip ular kaki 4,, dipapua memang banyak..
    cuma orang awam kadang tdk tau..

    [Balas]

    david Reply:

    beneran gak?

    [Balas]

  23. Jonly says:

    contoh gambar ular di atas di kebun saya juga banyak, saya sering injak mereka bahkan dekati mereka juga tidak apa2 kok.
    Kalau ular kaki empat yang menurut saya berbisa itu punya suara fluit, bahaya kalau di gigit, bahkan di tiup. ular kaki empat yg saya maksudkan ciri2nya kalau sudah dewasa, berbadan sebesar seukuran biawak, berkulit loreng2, dan berkaki empat, kepalanya akak lebih besar dari biawak, berbentuk segitiga.
    di daerahku namanya, Lasusuha…

    [Balas]

  24. yupi says:

    gonQ okeh broo,, tp kok ora berbisa huu apus2 tokkk

    [Balas]

    david Reply:

    peliharaanmu po broo?

    [Balas]

  25. david says:

    saya juga menemukanya di bantul tepatnya di kecamatan palbapang,ngringinan

    [Balas]

  26. ted saja:) says:

    Ia..emang betul apa yang di posting gbr diatas, jenis ular kaki empat (khusus di papua) emang ada 2 jenis, dan salah satunya yang di posting skrng..ada lagi yang sprti itu tapi tdk berkaki…warnanya agak kehitaman dan kemerah2an…dia bisa meloncat kisaran 1 mtr lebih, nah yang jenis kedua ini jg berbisa…,sayang ku nggk tahu posting gbr2nya karna trlambat tahu dan tdk tahu caranya mempostingnya..karna kejadian itu sudah lama…kalo utk gbr di atas..itu sudah salah jenis ular kaki 4 sebutan papua sini:) Salam kenal dariku…horrrmmmaaattt:)

    [Balas]

Silahkan Tulis Komentar Untuk Artikel Ular Kaki Empat ?

CommentLuv badge