Serui

Kota Serui adalah sebuah kota dari sebuah kabupaten kepulauan Yapen Propinsi Papua. Apabila anda melihat di Peta Kota ini terletak di pulau yang bernama pulau Yapen. Tidaklah terlalu terkenal jika orang mengatakan kota serui. Orang lebih mengenal kota-kota di papua  seperti Jayapura, Biak, Manokwari atau yang lainnya. Kota ini terletak di pinggir pantai dan dikelilingi oleh bukit, dan apabila anda berjalan dari ujung kota sampai ujung jalan panjangnya tidak lebih dari 3km.

Untuk menjangkau Kota ini terdapat dua transportasi yaitu lewat Udara dan lewat laut. Untuk lewat udara Serui mempunyai sebuah bandara kecil yang hanya bisa didarati pesawat kecil sejenis Twin Otter dengan tujuan bandara Kota Biak. Dan untuk transportasi laut untuk menuju ke Serui dapat di jangkau dari Kota Surabaya menggunakan kapal milik PT Pelni yang di tempuh selama 1 minggu.

Serui mempunyai keindahan alam yang sangat indah dan alami. Potensi-potensi alam yang indah ini memang belum dikembangkan menjadi obyek wisata yang bagus. Laut yang masih bersih hutan yang masih alami membuat daya tarik tersendiri. Begitu juga dengan banyaknya satwa asli yang tidak semua didapati di tempat lain.

Pelabuhan Serui di Tahun 1946

Selengkapnya Serui tempo dulu

13 Responses to “Serui”

  1. 1
    NELSON SAYURI Says:

    Saya sangat setuju mengenai pendapat Anda mengenai Kota Serui yang memiliki keindahan alam yang sangat indah dan masih sangat alami dan menurut saya perlu ada kebijakan atau langkah-langkah dari Pemerintah Daerah setempat untuk bisa mengembangkan obyek-obyek wisata yang ada di Kota Serui, bukan hanya pasif saja.
    karena bagaimanapun orang lain tidak akan mengenal Kita kalau Kita sendiri tidak pernah memperkenalkan diri ke orang lain.

  2. 2
    luroyo mugowato Says:

    kota serui baru sy dengar lewat teman saya yg bekerja di sn , keelokan pantainya msh alami dan sangat indah….dan merupakan aset yg harus diberdayakan agar masyarakat kita lebh dekat untuk mengenal dan mempopulerkan sbgai tempat pariwisata baik domestik maupun internasional…harapan saya kota serui semakin maju dan berkembang menjadi kota yg sejajar dengan kota2 di Indonesia….salam buat temanku Ari Sasmita smg kerasan membangun kota serui ……..

  3. 3
    Albert Wenno Says:

    saya penduduk baru d serui,baru sekitar sebulan saya ditugaskan disini….pemandangannya cukup bagus,tapi panasnya puolll hehehhe
    .klo yang khas dari serui ap aj y???

  4. 4
    Nugs Says:

    Ya memang, di Serui Cuaca tidak pasti kadang sehabis panas 5 menit kemudian hujan, Untuk Khas Serui bnyk sob, baik makanan, budaya maupun fauna

  5. 5
    leo karubaba Says:

    ada yg mau infest ga buat teluk mioka,,,,!!!! ataw mungkin taw caranya dapat modal..soalnya pemda sendiri blum bisa mengelolah,,,!!
    trimakasi,
    dr (ANAK ASLI SERUI,TELUK MIOKA SARAWANDORI)

  6. 6
    Meriahkan pesta ulang tahun bersama GarudaFood Says:

    saya belum pernah ke kota yang satu ini…
    terlalu jauh dari tempat tinggal saya…..he..he..

    http://teras-info.blogspot.com/2011/03/meriahkan-pesta-ulang-tahun-bersama.html

  7. 7
    inna horota Says:

    serui kotaku yang indah…………. masalahx tra pernah pulkam….hehehehehe

  8. 8
    Agung Says:

    Dengar kota Serui- Papua, baru hari ini tgl. 21 April 2011. Karena apa? Keponakan tes penerimaan pegawai Departemen Perhubungan di Palangkaraya wilayah Kalimantan thn. 2010. Waktu pengumuman di Palangkaraya namanya tidak ada dalam daftar diterima dan tanya dengan petugas terkait dgn seleksi penerimaan calon pegawai Dephub disana, tidak tahu alias tidak lolos. Kecewa jelas. Tapi setelah 1 mingguan,karena penasaran dia chek via internet ttg hal diatas, nama, tgl lahir dan nomor tes ada daftar diterima tapi bukan di Palangkaraya melainkan di bandara Juanda Surabaya. Wah ini jelas ada udang dibalik tepung, maka data2 yg dia dapat via internet diprint dibawa mengahadap pimpinan bandara di Palangkaraya. Kelihatannya mereka bingung (panik),mereka katanya tidak tahu hal tsb (jelas mustahil),akhirnya mereka kontak pusat (Jakarta). Hasilnya mereka bilang dgn ponakan saya,suruh melengkapi berkas dalam 2 (dua) hari untuk dikirim ke Jakarta. Wah kalau tidak ngechek via internet jelas hilang/hangus kesempatan jadi pegawai dephub. Kebangeten mereka. Rabu tgl. 20 April 2011 berangkat dari Sampit to Jakarta via Palangkaraya untuk urus dan ambil SK penempatan. Tahu Bro ditempatkan dimana ponakan saya? Perkiraan di wilayah Kalimantan atau Jawa, nggak tahunya di bandara Serui-Papua. Cckk..cckk.. bagaimana mereka ini (dephub)? Lha penerimaan calon pegawai dephub wilayah Kalimantan kok sampai terlempar diluar area, akal2 aja. Tapi ini semua ada hikmahnya, saya nasehati dan besarkan hati ponakan. Jalani aja, Allah tidak akan menguji diluar batas kemampuan umat Nya. Begitulah bro dan agan2, yg penting kita eling dan waspada. Selamat bekerja di Bandara Serui – Papua, sukses selalu.

  9. 9
    kristanti Says:

    menurut 9w sich bkn hanya alamnya saja yang msh asri dan alami,tp jg kulinernya yang menyajikan hasil laut yg segar or fresh seafood. 9w wkt pRtm nyampe di serui langsung disu9uhin udang sm ikan laut yg super-super 9uedeeEeeee….
    I love serui very much….

  10. 10
    Er'end Says:

    Impormasi menarik tentang kota yg sejuk disini.Izin kopas yach Gan!

  11. 11
    Yanzen Says:

    Em… kota yang Indah, kapan saya ke sana ya 🙂

  12. 12
    yanu Says:

    Mahikai..
    Masih ada yang eksotis, tapi tak pernah di ceritakan di manapun. Pernahkan anda melihat Laut yang sangat tenang laksana sebuah Danau. Laut yang terhalang oleh Pulau -pulau kecil di luarnya. Saya tidak tahu namanya tapi dalam perjalanan dari serui ke P. Ambai ( tempat nenek moyang anak saya) lewat sana….atau jalan darat lewat pintu angin dan turun ke kampung Babo….Sampai dah di tempat tersebut.
    Mahikai….

  13. 13
    Gio Says:

    Serui yang gaul,,,,

Leave a Reply