Serui

Kota Serui adalah sebuah kota dari sebuah kabupaten kepulauan Yapen Propinsi Papua. Apabila anda melihat di Peta Kota ini terletak di pulau yang bernama pulau Yapen. Tidaklah terlalu terkenal jika orang mengatakan kota serui. Orang lebih mengenal kota-kota di papua  seperti Jayapura, Biak, Manokwari atau yang lainnya. Kota ini terletak di pinggir pantai dan dikelilingi oleh bukit, dan apabila anda berjalan dari ujung kota sampai ujung jalan panjangnya tidak lebih dari 3km.

Untuk menjangkau Kota ini terdapat dua transportasi yaitu lewat Udara dan lewat laut. Untuk lewat udara Serui mempunyai sebuah bandara kecil yang hanya bisa didarati pesawat kecil sejenis Twin Otter dengan tujuan bandara Kota Biak. Dan untuk transportasi laut untuk menuju ke Serui dapat di jangkau dari Kota Surabaya menggunakan kapal milik PT Pelni yang di tempuh selama 1 minggu.

Serui mempunyai keindahan alam yang sangat indah dan alami. Potensi-potensi alam yang indah ini memang belum dikembangkan menjadi obyek wisata yang bagus. Laut yang masih bersih hutan yang masih alami membuat daya tarik tersendiri. Begitu juga dengan banyaknya satwa asli yang tidak semua didapati di tempat lain.

Pelabuhan Serui di Tahun 1946

Selengkapnya Serui tempo dulu

Komentar

46 Komentar Untuk “Serui”
  1. NELSON SAYURI says:

    Saya sangat setuju mengenai pendapat Anda mengenai Kota Serui yang memiliki keindahan alam yang sangat indah dan masih sangat alami dan menurut saya perlu ada kebijakan atau langkah-langkah dari Pemerintah Daerah setempat untuk bisa mengembangkan obyek-obyek wisata yang ada di Kota Serui, bukan hanya pasif saja.
    karena bagaimanapun orang lain tidak akan mengenal Kita kalau Kita sendiri tidak pernah memperkenalkan diri ke orang lain.

    [Balas]

    DJ_IMULO Reply:

    “URUI ,,,,,,,,,,, BEAUTIFULL”

    Banyak skali wisata alam yang sampai skarang PEMDA Kep.YAPEN tak pernah
    mengelolanya dengan baik,
    Infrastuktur jalan menuju lokasi wisata saja masih kurang memadai untuk kendaraan disitulah banyak terjadi hal” yg tdak diharapkan

    Tolong perhatian dari Dinas Terkait (Dinas Pariwisata Kep.Yapen)

    By.DJ_IMULO from ASTUTY

    [Balas]

  2. luroyo mugowato says:

    kota serui baru sy dengar lewat teman saya yg bekerja di sn , keelokan pantainya msh alami dan sangat indah….dan merupakan aset yg harus diberdayakan agar masyarakat kita lebh dekat untuk mengenal dan mempopulerkan sbgai tempat pariwisata baik domestik maupun internasional…harapan saya kota serui semakin maju dan berkembang menjadi kota yg sejajar dengan kota2 di Indonesia….salam buat temanku Ari Sasmita smg kerasan membangun kota serui ……..

    [Balas]

  3. Albert Wenno says:

    saya penduduk baru d serui,baru sekitar sebulan saya ditugaskan disini….pemandangannya cukup bagus,tapi panasnya puolll hehehhe
    .klo yang khas dari serui ap aj y???

    [Balas]

    Nugs Reply:

    Ya memang, di Serui Cuaca tidak pasti kadang sehabis panas 5 menit kemudian hujan, Untuk Khas Serui bnyk sob, baik makanan, budaya maupun fauna

    [Balas]

    leo karubaba Reply:

    ada yg mau infest ga buat teluk mioka,,,,!!!! ataw mungkin taw caranya dapat modal..soalnya pemda sendiri blum bisa mengelolah,,,!!
    trimakasi,
    dr (ANAK ASLI SERUI,TELUK MIOKA SARAWANDORI)

    [Balas]

    sofyan alting Reply:

    itu benar sekali bung leo serui banyak objek yg terpendam tapi apa yg di buat oleh dinas pariwisata sendiri,,,,??? seharus nya pemda mau bekerja sama dengan LSM” International & Lembaga” Penilitian untuk melakukan kajian” yang mampu mengekpos objek ,serta flora & fauna yang endemik biar jadi lebih di kenal,,Contoh nya seperti Raja Ampat gitu.

    Mariadei.

  4. saya belum pernah ke kota yang satu ini…
    terlalu jauh dari tempat tinggal saya…..he..he..

    http://teras-info.blogspot.com/2011/03/meriahkan-pesta-ulang-tahun-bersama.html

    [Balas]

  5. inna horota says:

    serui kotaku yang indah…………. masalahx tra pernah pulkam….hehehehehe

    [Balas]

    Ferry Richard Kendi Reply:

    Iyo sdri, lebih indah kalau dong pulkam to! Hehe… kayanya sama. Kita juga su kangen dengan serui alnya di jawa ni banyak polusi yang tidak baik.

    [Balas]

  6. Agung says:

    Dengar kota Serui- Papua, baru hari ini tgl. 21 April 2011. Karena apa? Keponakan tes penerimaan pegawai Departemen Perhubungan di Palangkaraya wilayah Kalimantan thn. 2010. Waktu pengumuman di Palangkaraya namanya tidak ada dalam daftar diterima dan tanya dengan petugas terkait dgn seleksi penerimaan calon pegawai Dephub disana, tidak tahu alias tidak lolos. Kecewa jelas. Tapi setelah 1 mingguan,karena penasaran dia chek via internet ttg hal diatas, nama, tgl lahir dan nomor tes ada daftar diterima tapi bukan di Palangkaraya melainkan di bandara Juanda Surabaya. Wah ini jelas ada udang dibalik tepung, maka data2 yg dia dapat via internet diprint dibawa mengahadap pimpinan bandara di Palangkaraya. Kelihatannya mereka bingung (panik),mereka katanya tidak tahu hal tsb (jelas mustahil),akhirnya mereka kontak pusat (Jakarta). Hasilnya mereka bilang dgn ponakan saya,suruh melengkapi berkas dalam 2 (dua) hari untuk dikirim ke Jakarta. Wah kalau tidak ngechek via internet jelas hilang/hangus kesempatan jadi pegawai dephub. Kebangeten mereka. Rabu tgl. 20 April 2011 berangkat dari Sampit to Jakarta via Palangkaraya untuk urus dan ambil SK penempatan. Tahu Bro ditempatkan dimana ponakan saya? Perkiraan di wilayah Kalimantan atau Jawa, nggak tahunya di bandara Serui-Papua. Cckk..cckk.. bagaimana mereka ini (dephub)? Lha penerimaan calon pegawai dephub wilayah Kalimantan kok sampai terlempar diluar area, akal2 aja. Tapi ini semua ada hikmahnya, saya nasehati dan besarkan hati ponakan. Jalani aja, Allah tidak akan menguji diluar batas kemampuan umat Nya. Begitulah bro dan agan2, yg penting kita eling dan waspada. Selamat bekerja di Bandara Serui – Papua, sukses selalu.

    [Balas]

  7. kristanti says:

    menurut 9w sich bkn hanya alamnya saja yang msh asri dan alami,tp jg kulinernya yang menyajikan hasil laut yg segar or fresh seafood. 9w wkt pRtm nyampe di serui langsung disu9uhin udang sm ikan laut yg super-super 9uedeeEeeee….
    I love serui very much….

    [Balas]

  8. Er'end says:

    Impormasi menarik tentang kota yg sejuk disini.Izin kopas yach Gan!
    Er’end, Dg Postingan Terakhir…. Chatbox -Silaturahmi Deras84My Profile

    [Balas]

  9. Yanzen says:

    Em… kota yang Indah, kapan saya ke sana ya :)

    [Balas]

  10. yanu says:

    Mahikai..
    Masih ada yang eksotis, tapi tak pernah di ceritakan di manapun. Pernahkan anda melihat Laut yang sangat tenang laksana sebuah Danau. Laut yang terhalang oleh Pulau -pulau kecil di luarnya. Saya tidak tahu namanya tapi dalam perjalanan dari serui ke P. Ambai ( tempat nenek moyang anak saya) lewat sana….atau jalan darat lewat pintu angin dan turun ke kampung Babo….Sampai dah di tempat tersebut.
    Mahikai….

    [Balas]

    Ferry Richard Kendi Reply:

    Iyo suda bung, sa juga su kangen dengar album ambai Bermazmur. Soalx di jawa ni banyak lagu dangdut n lagu Rock

    [Balas]

  11. Gio says:

    Serui yang gaul,,,,

    [Balas]

  12. Orin says:

    Mas, saya pendatang baru di Serui, akan bertugas disini untuk satu tahun kedepan. saya mengagumi Serui dari atas pesawat, akan senang jikalau bisa menjelajahi pulau pulau cantik di Serui. Tetapi pastinya mahal kalau sendirian.
    Jikalau punya informasi mengenai kelompok wisata/jalan/ jelajah/adventure di Serui, tolong dikasih tahu ya.

    Thanks.
    Orin

    [Balas]

    Diana Reply:

    Saya sedang di Serui untuk 2 minggu, start hari ini. Saya juga liat pulau pulau kecil dari pesawat yang lautnya hijau itu, cantik sekali. Saya sedang mencari informasi untuk jalan jalan disini. Bareng yuk? e-mail aja ke diana.natalie.sayori@gmail.com

    [Balas]

  13. samuel says:

    serui kota tercinta,, aku sangat merindukan mu.. sio serui see……!!!

    [Balas]

  14. samuel says:

    serua kota tercinta,, aku sangat merindukan mu…sio serui see…….!!!

    [Balas]

  15. samuel says:

    serui kota tercinta ,, aku merindukan muu.. sio serui … !!!

    [Balas]

  16. Orin says:

    Mba Diana: baru baca, telat. Tentunya mba sudah pergi sekarang. Btw, saya sudah sempat ke pulau Ambai dan ke Sarawondori.

    [Balas]

  17. iman says:

    Saya baru akn brkt ke Serui selasa lusa utk tgs selama 6 bln. Semoga betah. Saya m pernah kesini. Jadwal Ferry dari Biak ke Serui ada yg tau? Trims

    [Balas]

  18. iman says:

    Saya baru akn brkt ke Serui selasa lusa utk tgs selama 6 bln. Semoga betah. Saya blm pernah kesini. Jadwal Ferry dari Biak ke Serui ada yg tau? Trims

    [Balas]

  19. sofyan alting says:

    serui masih harus berbenah khusus nya untuk dispar,,,

    * banyak objek yang ada tapi tidak pernah di publikasi bagai mana mau di dikenal…???

    [Balas]

  20. Herryzs.Renyaan says:

    Sioh…serui seh….saya tralupa masa2 dulu…Serui memang Indah, Mariadei…Sarawandori…kali mantembu….I Love Serui

    [Balas]

  21. asrul32 says:

    haloo…
    saya asli jawa
    mau merantau ke serui
    minta info pekerjaan di serui dong gan…

    [Balas]

  22. Nishaalfathan17@ says:

    ,,hhhhmmmm…telaga pamoi yg indahhh,,,pantai armarea,,,air terjun mantembu,,,semua tak bsa d lupakan,,,indahhhhh…

    [Balas]

  23. abu yusuf says:

    Bismillah, awal thn ini sy mengajukan pindah/mutasi dari pegunungan bintang ke jawa tpi malah ditawari ke serui dulu krn katanya jawa lg penuh. Tulisan tsb cukup informatif bgi saya krn kemungkinan dlm waktu dekat akan keluar sk mutasi ke serui dan berhubung sy jg blm pernah k serui, kalo nabire dan biak sa su pernah. Tpi dengar2 kalo ke jawa ribet y, ga bs langsung alias ke biak ato jyapura dlu..

    [Balas]

    Nugs Reply:

    Ya Mas, moga aja nanti kerasan di serui…

    [Balas]

  24. emon says:

    serui termasik dalam kabupaten-kabupaten yg sdh lama di propinsi papua tetapi dalam perkembangannya sangat memprihatinkan,perubahan-perubahan juga tidak terlalu mencolok,entah pengaruhnya apa,sama dengan daerah lain yg punya apbd untuk membangun daerah,ada sumber-sumber keuangan lain yg dapat di pergunakan untuk membangun daerah tersebut,sangat di sayangkan,para elite politik yang ada jangan pikir diri sendir bangun tu daerah,cari solusi-solusi yg baik bersama semua pihak,semoga serui bisa setara dengan daerah-daerah lain.

    [Balas]

  25. Ferry Richard Kendi says:

    Serui memiliki banyak figur yg memiliki paradikma yg baik dan juga mereka adalah org-orang yang berpengaru baik di tingkat pusat maupun daerah. Cthx: Menteri, DPRI, n DPD. Sekarangpun yang menjalankan roda pemerintahan di kota ini adalah anggota DPD dari papua namun sekarang bagaimana perhatiannya untuk menata kota serui agar bisa di kenal oleh daerah lain sampai manca negara.

    [Balas]

  26. ezra y.arongggear says:

    Serui memang kota kecil, yang tidak terlalu dikenal tapi,di negara ini pernah ada menteri dan jederal angkatan laut yang asal nya dari serui , sejarah pengembalian papua ke NKRI pun orang serui ada perannya didalam, itu berarti walau kecil dan tidak terlalu di kenal tapi orang – orangnya bisa diancungkan jempol alias tara kosong

    [Balas]

    kuswanto Reply:

    halo ezra, boleh dong bertanya kalo di kota serui pilihan online internet dengan mode apa saja?soalnya ane perlu informasi karena 2 minggu lagi ane menyusul jadi warga baru di serui karena rotasi pekerjaan. terima kasih atas balasannya.

    [Balas]

  27. Nur Zaida says:

    Thanks infonya pak Nugroho. Sangat membantu saya dalam mencari info untuk penulisan buku saya. Long life Indonesia!

    [Balas]

  28. Zak says:

    Kota Serui memang indah tetapi para pejabat di pemerintah daerah hati nya tidak indah terlalu banyak korupsi sehingga serui selalu tertingal dengan daerah lain.

    saatnya untuk yang muda memajukan kota serui.

    [Balas]

  29. siska says:

    Permisi numpang iklan. Brg kali ada yg butuh supply bir bintang. Bisa hub: 081515390963. 2A82A6FC. Makasih

    [Balas]

  30. INDAH SARY says:

    aku pernah tinggl di kota serui yg kecil,tpi aku snang bnget krna pantai nya yg indah
    skrang aku di kaltim[kalimantan timur samarinda],entah kpan aku akan menginjkn kaki
    ke sna,ku begtu rindu kota serui papua yg indah tempat smasa kecil dan remja bnyak
    knangan yg tak bsa kulpkan ??,SUNGGUH INDAH KOTA SERUI KU,,,,,

    [Balas]

  31. qthink says:

    Salam…. info ttg serui sgt bermanfaat,, suami saya akan segera dirotasi k daerah serui, pi dahan dari sorong.. semoga bs betah… bgmn dgn fasilitas kesehatan disana?

    [Balas]

  32. trismi asih says:

    minta tlng dong info tentang jaringn,apa diserui susah akan jaringn internt,dan jaringn internet apa yg cocok,karna seseorng yg sangat berarti untk hdp sya insya alloh akan tgs disana .trimksh

    [Balas]

  33. arifin s harahap says:

    serui kota kenangan yang tak pernah terlupakan….

    [Balas]

  34. johanis saroi says:

    serui kotaku yang indah dengan cuaca yang aduhai hujan disaat yang sangat mengganggu seluruh aktivitas, namun tetap kubanggakan.

    [Balas]

  35. andyka says:

    sya mau tanya kepda PNS di serui
    apa kah benar ada pegawai di dinas pariwisata dan kebudayaan yg bernama wahyu christian??? apa kah dia sdh meninggal??
    saya mohonn balas

    [Balas]

  36. budi says:

    Saya berencana mau memulai hidup baru di Serui tapi saya masih bingung mau kerja atau usaha apa di sana. Memang ada saudara saya di sana yang sudah lama bermukim tapi tetap saja saya ragu. Kiranya ada yang bisa bantu?

    [Balas]

  37. Tutut says:

    Lam kenal… dari anak gajah mada..

    [Balas]

Silahkan Tulis Komentar Untuk Artikel Serui ?