Sakit Malaria

3rd June, 2012 Ditulis Oleh Nugs | Diposting Pada Serui.

Buat yang pernah tinggal atau berdomisili di Papua pasti tidak asing dengan penyakit Malaria, karena daerah papua merupaka daerah Epidemi malaria. Karena kebetulan dari teman mengalami sakit malaria sekalian menulis postingan ini. Saya sendiri pernah meraskan bagaimana rasanya penyakit ini menyerang di tubuh. Sebagian besar orang yang tinggal atau berdomisili di Papua pasti mengalami penyakit ini. Dari demam yang tinggi dan kepala pusing dan tidak karuan rasanya tubuh ini. Boleh di katakan penyakit Malaria selevel dengan Demam berdarah di pulau jawa, karena waktu kecil saya juga pernah mengalami sakit demam berdarah. Kata Ahli keduanya di akibatkan oleh nyamuk Cuma berbeda nama.Kalau Penyakit malaria disebabkan oleh Nyamuk Anopheles tapi untuk demam berdarah diakibatkan oleh nyamuk Aedes aegypti. Tidak semua nyamuk Anopheles mengandung parasit penyebab malaria. Selain itu, daya tahan tubuh seseorang juga sangat menentukan. Saya sedikit bercerita tentang pengalaman yang pernah saya alami tentang Sakit malaria. Penyakit ini biasanya menyerang ketika kondisi tubuh ini lemah, dalam arti ketika tubuh kita dalam kondisi tidak baik misalnya flu, stress, terlambat makan dan sebagainya. Ketika tubuh kita lemah tanpa kita sadari sampai akhirnya tidak terasa penyakit itu menyerang baru kita rasakan. Bagi yang baru berdomisili atau berpergian di papua biasanya tidak tahan terhadap kondisi cuaca yang tidak menentu, hal ini akan mengakibatkan kondisi fisik yang tidak siap.

Disini sedikit saran meskipun saya bukan ahli kesehatan tetapi berdasarkan pengalaman selama tinggal di  papua.

Ketika akan berpergian ke papua

- Untuk pencegahan minumlah obat malaria sesuai dosis sebelum 3 hari sampai di tempat

Ketika sampai di Tempat

- Jagalah kondisi fisik tetap sehat, karena malaria kan menyerang saat kondisi badan kita lemah

- Jangan sampai terlambat makan. Biasaya kita tidak merasakan lapar ketika kita sibuk beraktifitas. Hal ini salah satu penyebab sakit malaria

- Hidarkan stress yang berlarut-larut

- Bila Badan terasa sakit atau tidak enak seperti gejala malaria segera ke dokter, dan periksalah dengan tes darah untuk memastikan bahwa gejala tersebut sakit malaria atau bukan. Karena dengan test darah adalah cara yang paling akurat untuk mengetahui penyakit malaria atau bukan. Menurut pengalaman kebanyakan yang sering dijumpai ada dua jenis penyakit malaria. Tenaga kesehatan menyebutnya malaria tresiana dan tropika, mesikipun macam dan jenis penyakit malaria itu banyak.

Ketika berpergian keluar dari papua

- Pastikan bahwa anda membawa perbekalan obat malaria, karena biasanya tanpa di sadari kita kesulitan mencari obat malaria misalkan saat kita berada di pulau jawa.

- Ketika anda sakit atau mengalami gejala seperti sakit malaria setelah meninggalkan papua sebagai contoh anda berada di pulau jawa apabila kita periksa ke dokter katakan bahwa anda baru pulang dari papua karena biasanya tenaga kesehatan akan mendiagnosa seperti penyakit tipes. Maaf disini saya bukannya “menggurui” tetapi ini berdasarkan banyak kasus.

Itulah berberapa tips yang mungkin dapat di jadikan referensi meskipun sekali lagi katakan saya bukan tenaga medis. Menemui dokter untuk mendapatkan tips pencegahan malaria merupakan langkah terbaik. Kondisi malaria di setiap daerah berbeda-beda sehingga jenis obat yang diperlukan pun berbeda. Obat yang di pakai harus dengan menggunakan resep dokter, karena termasuk obat keras yang menimbulkan efek mual sehingga harus diminum setelah makan. Selain itu, kondisi tubuh dan reaksi tubuh terhadap obat tertentu juga berbeda sehingga perlu pengawasan petugas medis untuk meminum obat pencegah malaria.

Komentar

24 Komentar Untuk “Sakit Malaria”
  1. AhSyai says:

    tips yang sangat bermanfaat mas..
    belum ada rencana ke Papua..hehe ^_^ . nggak ada orng yang mau sakit ya mas,,jadi lebih baik mencegahnya..

  2. Gandi says:

    Wah ternyata ancaman malaria gak main2 ya…?? Salam kenal, :-D

  3. Dhafian says:

    Nice share gan! Buat pedoman kalo sewaktu2 ntar saya berkunjung ke papua… :-D
    salam kenal ya,,…

  4. FIBERTIC.com says:

    Wah, harus hati-hati terhadap setiap nyamuk yang mengigit kita. Biasanya beda nyamuk beda penyakit.

  5. Twicius says:

    wah terima kasih banyak atas saranya mas, :) memang kita harus berhati2 dalam menjaga kesehatan, jangan sampai sakit :)

  6. terima kasih tips-tipsnya… semoga kita semua sehat selalu yah

  7. aming says:

    thanks utk tipsnya, tp sepertinya saya tidak mungkin pergi ke papua, namun kewaspadaan atas penyakit ini berlaku dimana saja kita berada….betul kah?

  8. mascayo says:

    Mudah-mudahan tipsnya nyantol di kepala saya, mana tau saya ada rejeki jalan2 ke Papua. Tips terakhir penting untuk diingat, supaya dokter tidak salah diagnosa. Kalau malaria jadi types kan beda juga obatnya ya?

  9. tiiand says:

    saya saat ini sedang merasakan nya ..

  10. applausr says:

    kadang kadang pil juga sudah tidak mempan.. pengalaman saya dulu di papua.. makan yang banyak dan hidup benar benar sehat biar daya tahan tubuh kuat.

    pil lama lama bisa buat kulit kering…

    nice tip and a post…

  11. ibnu ch says:

    kunjungan balik bung nugro.
    em tips yang bagus,.kapan ya aku bisa nginjakin kaki di serui dan sekitarnya???

  12. Nugs says:

    Pernah meraskan sakit malaria juga ya mas….

  13. giewahyudi says:

    Iya, denger-denger penyakit malaria memang harus diwaspadai bagi yang pertama kali mau ke Papua..

  14. andipandora says:

    makasih infonya mas…tapi sayanya ga ada rencana ke papua.:)

  15. Cupit's says:

    bener bener harus kuat fisik kalo mau perjalanan jauh kang..

  16. Ilmu Kimia says:

    emang dari dulu papua terkenal malaria sob, soalnya masih banyak rawa-rawa di sana.

    salam.

  17. widi says:

    Q baru datang dipapua… Dan gaya hidupq ini jg tidak sehat… Tp moga2 q tidak sampai kena…. Saran ini akan q slalu ingat..

  18. habibie ardiansyah says:

    yang di info ini sangat sangat benar dan sy juga mengalami nya di papua

  19. habibie ardiansyah says:

    artikel ini bener banget dan sy jhuga sudah merasakan ganasnya malaria papua :)

  20. nedie says:

    bnr tuh..klo lg sakit mo ngapa ngapain muales buanget dah..

  21. erdy says:

    disaat sy menulis ini sy sdg brjuang thd malaria..sy demam dan menggigil hebat…dn udh malam jm satu serta angin diluar keras skli. tp posisi sy di flores..jd beda class vampir penggigitnya.. rasanya tobaat. kmgkinana krn sy begadang dan telat mkn…rekan2 ..jgn smpai spt sy skrg ini

  22. Aris manmer says:

    Aman kok ke papua…minum fansidar langsung tiga biji…setelah itu nikmati petualangan d papua selatan bxk hewan buruan dan ikan mujair besar besar. Hehehe ke pingin balik lagi nih…

  23. ardi says:

    Malaraia itu demam,menggigil x yang parah,,,,dan tropika tu. Suhu badan naik turun,,,pagi sehat pas tengah malam demamx ampe bikin orang dewasa nangis kaya anak kecil,,,…yang mau berencana ke papua harus siap mentall soalx 97 o/o. Penduduk papua dah pada kena…….pengalaman 12 tahun di papua

  24. gdelyn says:

    Infonya sangat bermanfaat, nanti kalau mau mengunjungi Papua harus persiapkan obat malaria nih.

Silahkan Tulis Komentar Untuk Artikel Sakit Malaria ?