Betapa Mahalnya Akses Internet di Serui

17th July, 2010 Ditulis Oleh Nugs | Diposting Pada Catatanku.

Kini aku tinggal di kota Serui, Provinsi Papua.  5 tahun yang lalu hampir tidak pernah aku mengakses namanya internet. Segala informasi tentang berita teknologi ataupun yang lainya sekedar lewat televisi.Untuk mengakses koneksi internet selama ini hanya menggunakan modem gprs saja, tanpa adanya fasilitas 3g ataupun HSDPA, yang akses koneksinya terseok-seok, Meskipun disini sudah ada 3 provider yaitu telkomsel, indosat dan flexy, tetapi tidak bisa berharap banyak dari ketiga provider tersebut yang Cuma mengandalkan gprs saja untuk akses data. Mungkin anda bisa membayangkan betapa lemotnya untuk membuka sebua tampilan google aja perlu waktu dua menit. Sudah bebrapa modem gsm aku coba, yang terakhir yang ku coba modem cdma yang katanya bisa mencapai kecepatan di atas 100kb/s dan menggunakan tarif unlimted bulanan yang menurutku sangatlah menarik. Tapi apa yang ku dapat, bukanya tambah cepat malah lebih lelet dari provider gsm lainnya. Jangankan kecepatan 100kb/s , mencapai 3kb/s pun sudah beruntung. Mungkin bisa menebak kecepatan tertinggi saja 3kb berapa untuk transfer downloadnya. Untuk mengunduh file 5mb butuh satu hari itupun kalo tidak terputus. Bukannya saya menjelekkan salah satu provider, tetapi kalo tidak percaya silahkan datang dan cek sendiri. Yang pasti Saya Cuma gigit jari aja yang setiap membaca artikel test kecepatan antar provider dengan harga yang murah dengan akses super cepat, ataupun merasakan dan membayangkan kecepatan akses yng namanya speedy ataupun speedol.

Kini sedikit beruntung saya atau masyarakat sekitar bisa memanfaatkan jaringan hostpot yang menggunakan satelit Vsat Im2 meskipun di batasi penggunanya hanya beberapa user saja, meskipun iuran perbulan yang lumayan mahal bagiku sekitar Rp. 400.000 per bulan.Minimal bisa buat buka google dan sedikit browsing, kalupun untuk ngeblog atau download nunggu tengah malam sampai pagi.

Merasa kaget juga perkembangan di dunia it selama hampir 6 tahun bisa dikatakan tidak perna menyentu. Dulu setahu saya kalo buat web Cuma pake frontpage atau yang lainya tetapi kini sudah berkembang CMS yang bagus seperti Wordpres, joomla dan banyak lagi. Pada intinya saat ini mungkin saya harus belajar dari nol lagi dalam mengikuti perkembangan. Untung-untung sekarang bisa buat blog meskipun pr nya rendah yang kadang ditolak untuk tukeran link karena prnya rendah, nasib…, Tapi nggak apalah yang terpenting bagiku saat ini aku bisa menikmati dunia maya di tempatku berada meskipun harus mengeluarkan biaya yang mahal dan akses yang terbatas.

8 Responses to “Betapa Mahalnya Akses Internet di Serui”

Pages: « 1 [2] Show All

  1. 7
    Cahya Says:

    Rasanya di mana-mana di Indonesia akses internet murah masih terbentur dengan lebar pita, sedangkan yang bagus cukup mahal….

  2. 8
    isahadi Says:

    Saya di Sorong pake hsdpa telkomsel lumayan download paling lemot 30kbps stabil 50kbps maksimum 150kbps. pake paket unlimited 100rb/bulan non Quota. sehari bs download 2gb+.

Pages: « 1 [2] Show All

Leave a Reply

CommentLuv badge